About Me


7 Tokoh Terhebat Dalam Naruto Series


Dalam sebuah alur film, novel hingga komik (tak terkecuali Naruto) pastilah menyajikan unsur karakter sebagai tokoh dan watak untuk membawa maksud dari serangkaian jalan ceritanya. Pada dasarnya tokoh dan watak tersebut sengaja diciptakan menurut konsep dan garis takdir si penciptanya, namun dalam perkembangannya penggemar dapat dengan bebas menafsirkan siapa-siapa saja yang menurut mereka akan dikategorikan secara subjektif (di luar kehendak pengarang/plot).
Tulisan ini (dengan segala keterbatasan) berusaha memaparkan sejumlah tokoh terhebat dalam Naruto series. Lho kenapa judulnya bukan 7 tokoh terkuat dalam komik Naruto? Karena dalam pemahaman saya mengenai seri Naruto ini, si pengarang dan penulis cerita berusaha untuk menunjukkan kehebatan sejumlah karakternya melalui watak, kekuatan dan kemasannya. Unsur kemasan watak dan karakter ini lah yang bagi saya menjadi daya tarik dan kekuatan utama dalam sebuah komik manapun. Langsung saja simak list berikut ini:



Naruto Uzumaki

bassms.devianart.com

Bukan sebuah rahasia lagi jika Naruto sebagai tokoh utama sekaligus judul dalam series ini akan menduduki posisi puncak terhebat dalam daftar karakter terhebat Naruto series. The Child of Prophecy yang diartikan sebagai 'anak yang ditakdirkan' adalah label yang tidak dapat diganggu gugat oleh penggemarnya. Masashi Kishimoto menggunakan Naruto sebagai tokoh yang ditakdirkan untuk mampu merubah dunia shinobi menjadi lebih baik, bahkan ia menandaskan kembali melalui beberapa tokoh dalam manganya yaitu: katak Sage di Myobokuzan, Hagoromo hingga Jiraiya.
Naruto adalah tokoh yang mengemban tanggung jawab yang besar, mulai menjadi seorang jinchuriki yang 'dihadiahkan' oleh ayahnya agar kelak dapat digunakan untuk menyelematkan desa serta menjadi seorang kepercayaan Itachi Uchiha untuk mengembalikan adik kandungnya Sasuke yang sedang berada di jalur kegelapan.Tak hanya itu Naruto juga membuktikan dirinya adalah laki-laki sejati (gentleman) dengan tidak pernah menarik kata-katanya atau berusaha memenuhi janjinya (jalan ninja). Dengan keteguhan hati, bakat dan semangatnya maka ia menjadi sosok kepercayaan desa Konoha bahkan para Tailed Beast juga mempercayai Naruto sebagai legenda yang masih hidup.
Takdirnya sebagai pemersatu dunia shinobi sekaligus titisan dari Ashura tidak membuatnya mengulangi kesalahan sejarah masa lampau, ia justru optimis bahwa kekuatan hanyalah alat untuk menyadarkan kejahatan. Perlu diingat Naruto adalah orang yang mampu membuat seekor Kurama yang tadinya diselimuti kebencian menjadi sadar, ia jugalah yang mampu menyadarkan dan menyelamatkan Gaara dan membawa Sasuke kembali. Ia juga mengalahkan 5 pengguna rinnegan (Obito, Madara, Kaguya, Sasuke dan Momoshiki). Tidak hanya sebatas itu, Naruto bahkan mengalahkan pengguna tenseigan bernama Toneri hanya dengan satu pukulan telak. Naruto juga dikenal sebagai seorang Jinchuriki terkuat dengan cakra 100 kali lebih besar daripada shinobi pada umumnya serta menjadi medium bagi semua tailed beast (ekor 1-9, bahkan ekor 8 jika perlu; yang artinya ia bisa meminjam kekuatan dari semua tailed beast), menguasai Sage mode serta memempunyai sebagian kekuatan Six Path sehingga membuatnya menjadi shinobi dengan kekuatan yang mendekati level dewa. Konon satu-satunya cara untuk menyaingi kekuatan Hagoromo adalah dengan mentransplasikan rinnegan dalam tubuh Naruto.


Sasuke Uchiha


Sasuke Uchiha adalah teman terdekat sekaligus titisan Indra dan menjadi rival terberatnya Naruto, namun begitu sayangnya posisi mereka tidak benar-benar setara. Sasuke adalah salah satu tokoh yang dikondisikan oleh sang pengarang dalam sifat yang abu-abu bersama dengan Orochimaru dan teman-temannya yang pernah berada dalam jalan buntu menuju kegelapan walaupun akhirnya sadar dan 'bertobat'. Dapat dikatakan Sasuke adalah orang terkuat setelah Naruto yang mampu menjaga desa jika terjadi sesuatu. 
Naruto menyebut Sasuke sebagai "hokage yang lain", artinya bahwa jalan pertobatan membawanya untuk melindungi desa dengan memahami dan menyelidiki hal-hal yang dapat mengancam desa dengan caranya sendiri (mirip detektif). Dalam kesempatan lain Orochimaru mengatakan kepada anaknya bahwa satu-satunya orang yang dapat setara dengan Naruto adalah Sasuke. Dibekali dengan kekuatan Six Path melalui rinnegan nya dan perfect susanoo-nya,  ia bersama Naruto dan teman-temannya berhasil mengalahkan 4 pengguna rinnegan lainnya (Obito, Madara, Kaguya dan Momoshiki) serta berjasa dalam mengembalikan kembali aliansi shinobi dalam kurungan genjutsu infinite tsukoyomi.


Hashirama Senju

tibz05.deviantart.com

Dalam perjalanan cerita Naruto series, tokoh Hashirama Senju yang merupakan founder dari desa Konoha dan seorang hokage pertama sekaligus inkarnasi dari Ashura ini menjadi legenda di desanya. Ia digadang sebagai 'dewanya shinobi'. Predikat ini melekat lantaran ia mengalahkan pertarungan 1vs1 dengan shinobi terkuat lain di jamannya yaitu Madara Uchiha.
Sejak awal Hashirama memang dikondisikan oleh sang pengarang sebagai karakter yang eksklusif namun masih low profile. Dibekali dengan elemen kayu dan kekuatan Sage yang mampu membawanya bertarung dalam kondisi apapun termasuk dalam mode pertarungan raksasa melawan susanoo-nya Madara dan tailed beast (kurama). Melalui karakter Hashirama lah peta kekuatan dalam tokoh-tokoh Naruto series menjadi jelas terlihat; mereka yang mampu mengeluarkan kekuatan giant atau sekelas perfect susanoo/tailed beast lah yang mampu menyandang predikat shinobi terkuat dan dalam hal ini Hashirama mempunyai golem kayu, naga kayu ataupun patung budha kayu raksasa.
Ia juga dikenal sebagai Hokage yang rendah hati dan tak malu untuk 'mengemis' pada kawan dan lawan untuk mewujudkan dunia shinobi yang damai. 


Madara Uchiha

wall.alphacoders.com

Bisa dibilang Madara Uchiha adalah tokoh antagonis paling merepotkan dan terkuat di serial ini bahkan aku menyebutnya sebagai super villain. Dalam perang dunia shinobi ke 4 mungkin Kaguya adalah tokoh antagonis terkuat namun posisi Madara tetap terasa lebih jahat dan lebih hebat, mengapa demikian? Karena Madara berasal dari Uchiha dan mempunyai keterikatan dengan plot dari masa lalu yang melibatkan tokoh favorit lainnya seperti Hashirama, Tobirama bahkan Tsucikage hingga Nagato. Berbeda dengan Kaguya yang menjadi twist plot pada cerita ini seolah datang tiba-tiba 'datang tak dijemput pulang tak diantar', Masashi Kishimoto pun berusaha meyakinkan penggemarnya bahwa tokoh yang paling jahat dibalik semuanya adalah zetsu hitam namun nyatanya terlalu terlambat yang akhirnya memancing ekspresi what the f*** dari sebagian penggemarnya. 
Akhirnya edo Madara berhasil mengalahkan edo Hashirama dengan memakai sel Hashirama dan membangkitkan rinnegan. Hal ini nampaknya memang sengaja dibuat untuk meyakinkan kepada penggemar bahwa Madara memang seorang yang bukan pecundang seperti cerita-cerita yang beredar mengenai kekalahannya saat berduel dengan Hashirama di masa lalu, lagipula Madara adalah seorang inkarnasi dari Indra dan berkewajiban memberikan benang merah antara perang masa lalu dan yang sedang terjadi.




Tobirama Senju


Tidak seperti kakaknya Hashirama, seorang Tobirama yang juga sebagai hokage ke 2 ini memang dari awal tidak mendapatkan kedudukan kekuatan yang setara dengan Hashirama.Walau begitu ia juga dikenal sebagai orang yang visioner dan mempunyai jiwa pemimpin yang baik: tegas dan terstruktur. Orang inilah yang berhasil menciptakan jurus edo tensei serta jurus teleportasi yang akhirnya disempurnakan oleh Minato. Kontribusi lainnya yang ia berikan ke Konoha adalah sebuah sistem desa layaknya sebuah divisi/departemen dengan memberikan kesempatan untuk klan Uchiha agar berbakti kepada desa. Ia juga terampil dalam menghadapi situasi di medan perang, terlihat sewaktu membantu pasukan aliansi mengalahkan Obito dan Madara saat mode Rikudou.



Itachi Uchiha

goodfon.su


Itachi Uchiha adalah karakter pengisi terbaik dalam serial ini. Pengemasan seorang Itachi mempunyai kemiripan dalam pengemasan seorang Hashirama dimana ia membawa identitas klan yang akan mambawa pembaca/penonton memiliki standar tertentu. Tidak dapat disangkal bahwa identitas Uchiha memang sengaja disampaikan oleh sang pengarang melalui tokoh Itachi ini. Melalui Itachi dan kisah masa lalunya, kita jadi mengetahui seberapa jauh identitas Uchiha dan Konoha bahkan mewakili sebagian kekuatan mereka beserta nilai-nilai hidup yang disampaikan di serial Naruto ini. Jadi melalui hal-hal tersebut jika kita melihat sosok Itachi maka secara tidak sadar kita akan melompati atau men-skip ketenaran dan kekuatan dari hokage ke 3 dan hokage ke 4.
Itachi dikemas bukan sebagai karakter yang super power melainkan visioner, terampil, loyal dan pintar. Dengan ketrampilannya ia berhasil melepas pengaruh edo tensei dari kabuto serta menyajikan kekuatan yang menarik mata pembaca dengan kemampuan mangekyou sharingan-nya seperti: amaterasu, totsuka blade (susanoo) hingga izanami membuat Itachi ini menjadi karakter yang sangat keren bahkan menjadi sosok kakak idaman.




Maito Guy (Gai)
reddit
Tokoh paling surprise, explosive, heroik bahkan paling ekstrim dalam jagat Naruto. Sejak awal Gai/Guy merupakan karakter yang meledak-ledak, sedikit hiperaktif, konyol, culun dan bahkan disepelekan oleh pembaca karena taijutsunya tidak keren. Siapa sangka Masashi Kishimoto menyimpan karakter ini untuk tampil sangat memukau di pertarungan utama melawan Madara dengan terbukanya gerbang ke 8 (eight gates) sekaligus menampar muka penggemarnya yang selama ini menyepelekan seorang Guy.
Karakter Guy mungkin memang sangat dibuat terperinci dan penuh pertimbangan, bagaimana tidak orang yang tadinya culun ini diberi predikat oleh Madara sebagai shinobi yang terkuat. Melalui Guy ini pembaca dan penggemar mendapatkan nilai-nilai kepahlawanan; bagaimana pengorbanan dilakukan dan bertarung sesungguhnya hingga titik darah penghabisan. Dan seperti yang sudah disebutkan, aksi heroik seorang Guy dengan gerbang ke 8 nya ini mampu merubah peta kekuatan dimana seorang culun berambut poni klimis ini ternyata jauh lebih kuat daripada teman sejawatnya hingga para pendahulunya bahkan membuat para penggemar tergila-gila padanya.

Bonus: 
Tsunade Senju


Karakter Hokage perempuan pertama yang digunakan oleh si pengarang sebagai "kembang desa". Meskipun nyatanya kecantikan dan ke-seksian seorang Tsunade saat menjabat sebagai hokage akibat dari jurus regenarasinya (mencegah penuaan), ia tetap menjadi daya tarik bagi penikmat serial Naruto. Porsi kekuatan yang diberikan oleh sang pengarang pada Tsunade memang tidak sekuat Hashirama, Naruto dan Sasuke namun posisinya sebagai salah satu sannin legendaris dan cucu Hashirama membuatnya sangat populer.
Jadi tidak dapat disangkal, perawakan Tsunade yang cantik dengan tubuh yang montok ini adalah salah satu titik fokus bagi para penggemarnya sekaligus karakter antisipasi jikalau ditengah jalan serial ini berada pada titik jenuh (dengan asumsi penggemar Naruto sebagian besar adalah remaja laki-laki). Well done Tsunade


KESIMPULAN
Memahami serial Naruto hingga betah mengikuti sampai chapter akhir ternyata tak luput dari baiknya pengemasan karakter-karakternya. Memahami byakugan saja tidak cukup, pengarang memberikan hal yang lebih menarik dari sekedar urat yang terlihat menjalar melalui pipi. Mata penggemar dengan sengaja diberikan motif yang lebih trendi oleh pengarang dengan adanya corak doujutsu sharingan yang disinyalir menjadi faktor nilai jual dalam serial ini. Tidak seperti komik rivalnya One Piece yang menyediakan keseksian yang berjibun dalam pengemasan karakternya, Naruto lebih memilih jalan cerita sebagai senjata utama dengan bumbu-bumbu filosofi religi Jepang dan Asia (contoh :pertapa enam jalan, sage mode, susanoo) sebagai penyambung anatara mitos dunia nyata dengan kisah yang ada dalam manga.  

Komentar

  1. mantap bang!! masih aja ngikutin si naruto :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha nggak juga, semacam tulisan perpisahan hehe

      Hapus
  2. ulasannya berat bang gak gitu cocok buat penonton yang masih labil. Mantafs....!!!

    BalasHapus
  3. prediksi hokage 8 om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asik ni bisa juga dong prediksi bakal kaya apa serial boruto nanti?

      Hapus
    2. aku belum sempat baca boruto, nunggu kalau udah launching 10-20 chapter. Aku rasa nama dan kemiripan fisik boruto terhadap naruto sengaja dipakai dengan tujuan mempertahankan penggemarnya agar tidak lari ke komik lain. Tapi pastinya menebeng nama naruto di serial boruto tidaklah cukup karena jika gegabah serial boruto berpotensi menjadi komik lanjutan terburuk yg pernah ada (lebay dikit).

      Hapus
  4. Kurama-..matata1 April 2017 13.50

    OOT nih bray: rinngean vs tenseigan lebih kuat mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya aku ga mau repot soal ini karena kenyataannya tenseigan dan rinnegan tidak mempunyai porsi cerita yg sama. Dalam keterangan/cuplikan adegan di komik/manga/anime nya rinnegan masih terbilang unggul karena pengemasan kemampuannya yang lebih detail.

      Hapus
  5. prediksi naruto bakal mati di boruto bener bang?? ga rela deh. masa iya sih sekelas dewa gitu kalah ama penjahat baru?

    BalasHapus
  6. boruto masih ada dalam bayang-bayang naruto jadi mungkin aja naruto bisa mati beneran.

    BalasHapus

Posting Komentar

BAGAIMANA TANGGAPAN ANDA?