Langsung ke konten utama

Interpersonal Communication

Analisis Transaksional Sebagai Teori
Analisis transaksional merupakan suatu teori tentang kepribadian dan suatu psikoterapi yang sistematis untuk perkembangan maupun perubahan pribadi. Pada dasarnya teori ini adalah tentang kepribadian dimana menggambarkan struktur manusia secara psykologis yang terdiri dari 3 bagian yaitu:


a.Ego-state: menggambarkan bagaimana manusia berfungsi dan menunjukkan kelakuannya.
b.Merupakan sebuah teori tentang komunikasi
c.Menawarkan tentang suatu teori tentang perkembangan anak.

Fungsi Analisis Transaksional
Dimana merupakan sebuah teori tentang psikopatologi yang dalam penggunaan praktisnya sudah diterapkan pada segala macam penyakit jiwa., digunakan sebagai terapi, memperoleh kejernihan komunikasi guna menghindari konfrontasi terutama untuk konseling (bidang pendidikan), analisis organisasi dan training (bidang menejemen), berbagai pelayanan sosial dan agama (bidang sosial).

BEBERAPA PENGERTIAN DASAR ANALISIS TRANSAKSIONAL

 Model Ego-State atau Model PAC
1) Adult Ego-State:
2) Parent Ego-State:
3) Child Ego-State:
 Transaksi, Perhatian, Penggunaan Waktu
 Skrip Hidup
 Discount, Redefensi, Simbiose
 Racket, Stamp, Game
 Dengan Analisis Transaksional Menuju Otonomi

DASAR FALSAFI ANALISIS TRANSAKSIONAL
Didasarkan atas beberapa premis falsafi atau dalil filsafat tentang manusia, kehidupan dan objek perubahan dimana mempunyai 3 dalil:
a) Manusia Adalah OK
b) Setiap Orang Mampu Berpikir
c) Penentuan Diri
d) Metode Kontrak
e) Komunikasi Terbuka
f) Penerapan Dasar Filsafat Analisis Transaksional di Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Context Dan Low Context

Secara umum, masyarakat di Indonesia sangat erat hubungannya dengan high context yang sebenarnya dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya masyarakat Jawa yang dipengaruhi oleh budaya sopan santun dalam berbicara dan berusaha menjaga sikap dalam bergaul menjadi aspek penting dalam terciptanya high context.

Istilah Njawani; Filosofi Pedoman Perilaku

Filosofi Njawani dan Falsafah Jawa  - Diartikan sebagai orang Jawa yang hidup dengan nilai-nilai dan ajaran-ajaran leluhurnya. Banyak sekali orang yang berasal dari suku Jawa masih memakai tuntunan tersebut untuk bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain yang sesama suku ataupun berbeda budaya. Pedoman hidup untuk berperilaku, berpikir serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan masyarakat Jawa pada umumnya diarahkan untuk tidak melukai sesama bahkan mengajak mereka untuk selaras.

Komunikasi Konvergen ala WILBUR SCHRAMM

Dia membuat serangkaian model komunikasi dimulai dari model komunikasi manusia yang sederhana sampai model yang rumit yang memperhitungkan pengalaman dua individu yang mencoba berkomunikasi hingga ke model komunikasi yang dianggap interaksi dua individu.