About Me


Romantisme Melalui Facebook

Saat ini beberapa media pertemanan social di internet dipandang sebagai suatu hal yang perlu mendapat rambu-rambu. Hal ini dikarenakan kerena banyak kasus penipuan serta penculikan yang diawali dari media seperti ini. Namun tidak perlu bersikap kaku dan paranoid karena dengan berbekal pengetahuan, pengalaman serta kebutuhan mengakses dunia maya maka tindak criminal ataupun yang berbau negative melalui media pertemanan social dapat dicegah.
Ilustrasi
Salah satunya kerap dijadikan sebagai media untuk mencari jodoh. Dengan predikat Facebook yang merupakan media jejaring social terbesar dan terbanyak diakses oleh penggunanya maka menjadi pilihan alternative menikmati dunia maya untuk berbisnis dan mencari tambatan hati. Faktanya beberapa orang yang sudah menikah ternyata berawal dari Facebook atau media pendahulunya yaitu Friendster.
Berangkat ke masalah cinta yang diekspresikan melalui media jejaraing social maka kadang menjadi menarik untuk dibahas mengingat banyaknya fasilitas yang sangat relevan dan eye catching untuk anak muda yang sedang dilanda asmara. Bentuk-bentuk romantisme yang kerap muncul di Facebook antara lain:
Upload foto/video bersama si dia
Dalam hal ini saat-saat menyenangkan dan romantis terkadang diunggah oleh beberapa orang guna menunjukkan kepada diri sendiri dan orang lain bahwa hidupnya telah bahagia. Disamping itu nantinya akan muncul komentar-komentar teman yang akan menghiasi momen menyenangkan tersebut dan akan menjadi lebih berarti.
Emoticon
Emoticon sebagai bentuk ekspresi penulis untuk mengungkap perasaannya. Sebagai contoh symbol :-* yang akan muncul sebagai emoticon mencium dan masih banyak yang lainnya. Secara psikologi emoticon mampu menimbulkan kesan tersendiri serta memicu dan memperkuat perasaan yang ada.
Pelayanan pihak ke 3
Facebook tidak bekerja sendiri. Wujud pelayanan pihak ke 3 dengan adanya kartu ucapan atapun hal-hal lain yang mendukung suatu momen atau perasaan seseorang. Saat kita mengucapkan “I love you” kepada seseorang dan hanya ditulis seperti itu ternyata lama kelamaan kurang berkesan. Berbeda jika dalam tulisan tersebut diwarnai dengan gambar bunga, glitter ataupun screen saver berbentuk hati sebagai pemerkuat perasaan.
Status
Hal yang paling mendasar dalam Facebook adalah pengekspresian diri dengan menukis status di profil masing-masing. Status ini ternyata dapat dilihat oleh orang lain atau teman kita sesuai dengan pengaturan privacy nya. Dikatakan mempunyai sisi romantisme jika memang mengandung makna romantic, positif dan menarik orang lain sehingga menimbulkan kesan yang baik pula. Misalnya saja seseorang memasang status “terbang bersama kekasih dengan sayap cinta dan keteguhan hati” dan ditanggapi dengan komentar orang lain seperti “so sweeeeeettt , romantis sekali, luph u” dan masih banyak yang lainnya.
Note/catatan
Dapat disebut sebagai kepanjangan dari status dimana ada hal-hal yang lebih penting dan besar daripada status untuk disampaikan, jika seseorang menulis sebuah catatan atau tulisan yang bersifat romantic maka tentu saja suasana pembaca dan penulis seakan menjadi satu secara live. Ini merupakan poin penting dimana curahan hati seseorang seakan menjadi sebuah catatan yang berbobot dan mempunyai daya tarik tersendiri mengingat dapat disematkan gambar-gambar yang terkait.
Forum/grup 
Ada beberapa grup remaja atau soal cinta yang mampu dijadikan sebagai sandaran untuk mencurahkan uneg-uneg. Umumnya sebuah grup di Facebook mempunyai audience terbuka/umum dan dapat diakses sewaktu waktu. Content nya pun terbilang dapat dilihat oleh banyak orang atau hanya orang yang sudah terdaftar sebagai anggota grup tersebut. Dikatakan mempunyai sisi romantis mengingat ada kesamaan nasib serta perhatian dari orang lain yang terkadang kita belum pernah berjumpa secara langsung namun sudah terlihat sebagai teman dekat.

Komentar