About Me


Tips Agar Bangun Pagi

Mungkin bagi beberapa orang bangun pagi bukan sesuatu hal yang sukar dilakukan namun bagi sebagian orang justru sebaliknya. Berbagai anjuran untuk bangun pagi pun sering dilakukan oleh orang terdekat kita. Dengan segala aktivitas yang dilakukan di malam hari ternyata bangun pagi mempunyai manfaat positif bagi sebagian orang. Bagaimanakah cara agar dapat bangun pagi?
Pagi hari sendiri ditelaah sebagian orang adalah pada waktu jam 4-8 pagi saat akan memulai aktivitas. Sebenarnya di waktu pagi antara jam 5-6 pagi merupakan waktu yang tepat untuk memulai segala aktivitas di pagi hari, selain itu kondisi udara masih segar dan jika dilakukan rutin dapat menimbulkan semangat untuk melakukan aktivitas sepanjang hari. Berikut adalah tips mudah agar dapat bangun pagi
Tidur yang cukup dan jangan terlalu larut
Tidur saat malam hari antara jam 10 hingga jam 11 malam dengan durasi tidur 6-7 jam sebenarnya sudah cukup. Dengan melakukannya maka bangun pagi pun bukan merupakan suatu hal yang mustahil mengingat saat bangun tidur di pagi hari kondisi badan sudah segar dan tidak mengantuk. Bila perlu malah dibiasakan untuk bangun pagi walaupun hanya tidur dengan interval 3 jam dengan melakukan aktivitas mulai pukul 6 pagi. 
Memakai media pengingat
Media pengingat seperti jam alarm merupakan solusi yang sering digunakan oleh banyak orang. Namun memakai media seperti ini jika tidak dibarengi dengan niat maka akan percuma, cara untuk memakai media ini agar mampu bangun pagi tepat waktu adalah dengan mengatur waktu bunyi alarm sekitar setengah jam sebelum waktu yang ditentukan. Berbagai pengalaman menunjukkan bahwa saat alarm berbunyi maka seketika itu kita tidak akan terperanjat bangun dan membutuhkan respon minimal 1 menit. Terlebih lagi jika dalam keadaan ngantuk maka ada kecenderungan untuk mematikan alrm tersebut dan menyambung tidur. Cara lainnya adalah dengan mengatur alarm secara “repeat” setiap 5-10 menit sekali.
Berdoa sebagai motivasi
Merupakan sugesti dan motivasi agar mampu bangun pagi. Pada dasarnya kekuatan doa adalah menguji keteguhan hati serta memacu diri sendiri untuk merealisasikan apa yang sudah dipanjatkan dalam doa. Doa sebelum tidur malam merupakan cara ampuh bagi sebagian orang agar dapat bangun pagi esok harinya.
Menyusun jadwal
Dengan menyusun agenda secara terkonsep maka secara tidak langsung akan tertanam dalam pikiran kita sehari-hari. Jadwal ini sekaligus menjadi reminder saat akan memulai aktivitas tiap harinya dan akan terkonsep dan berusaha diwujudkan. Cara ini dianggap ampuh agar mampu menjalankan aktivitas tepat waktu.
Lingkungan dan kebiasaan
Lingkungan tempat sekitar kita tinggal merupakan suatu hal yang sangat berperan dalam membentuk pola hidup. Maka yang perlu disikapi adalah membiasakan diri hidup sesuai konsep masing-masing dan menghindari budaya malas dalam hidup kita sehari-hari.


Komentar