Langsung ke konten utama

Kenapa Masih Jomblo?

Munculnya perasaan cinta terhadap orang lain adalah suatu hal yang alami dan wajar. Perasaan alami itu timbul begitu saja dan sulit untuk dijelaskan secara ilmiah mengapa dan bagaimana bisa muncul perasaan tersebut. Tentu saja ingin mendapatkan pasangan hidup atau pacar adalah idaman bagi sebagian besar orang namun perlu dimengerti adalah jodoh itu akan datang jika diusahakan.
Jika beberapa asumsi mengenai “jodoh akan datang sendiri” mungkin kurang relevan jika selama ini kita merasa kesepian dalam usia yang semakin bertambah tua namun belum ada jodoh. Faktanya adalah guna mendapatkan jodoh tentu saja harus ada usaha guna mendapatkannya. Usaha tersebut umumnya termediasi melalui lingkungan sosial sekitar kita dimana meliputi tempat kerja, bergaul ataupun komunitas tertentu.
Beberapa aspek yang lebih subjektif tentu saja ada kemauan untuk mendapatkan serta memberikan cinta kepada orang lain. Dari kemauan ini lah kemudian akan berjalan terus menuju kepada sebuah pencarian cinta yang sejatinya diselami dan dimngerti secara praktek. Jika dengan usaha sekuat tenaga kita masih belum mendapatkan seorang pacar atau cinta kita maka pastilah ada uatu hal yang membuat seseorang tidak jatuh hati kepada kita, berikut beberapa alasan orang menolak cinta seseorang:
Lebih terlihat sebagai nafsu daripada cinta
Memang nafsu merupakan hal yang umum dan lumayan sulit untuk didefinisikan. Memahami nafsu memang paling mudah diamati dari sisi visi dan misi orang tersebut mencintai seseorang. Mencintai seseorang haruslah ikhlas, jujur dan penuh dengan pengertian bukannya hanya untuk memenuhi hasrat dan gengsi semata.
Tidak bisa berkomitmen
Dibutuhkan tanggung jawab dan pola berpikir matang untuk berkomitmen. Pada dasarnya orang yang sulit untuk berkomitmen mempunyai kecenderungan untuk tidak suka terikat dengan suatu hubungan, ingin bebas menjalin hubungan dengan siapa saja dan patut diragukan tanggung jawabnya. Jika kita memilahara sikap seperti ini terus menerus maka kita tidak akan mendapatakan ketulusan cinta ataupun hubungan cinta yang jujur dan penuh dengan tanggung jawab.
Tidak tampil menarik atau tidak berpenampilan sesuai
Berpenampilan juga perlu pada saat kita kencan dengan seseorang. Terkadang kepribadian seseorang dapat dinilai dari cara mereka berpenampilan sehingga hal ini perlu menjadi pertimbangan. Berpenampilan sopan dan tidak terlalu vulgar merupakan tips untuk memancing ketertarikan terhadap seseorang yang menjadi teman kencan kita.
Bertingkah aneh
Terkadang bertingkah aneh sering muncul lantaran banyak faktor atas dasar ketidaknyamanan yang dipaksakan ataupun terlalu percaya diri. Bertingkah aneh mungkin dapat dijumpai kepada seseorang yang ingin memberikan surprise namun tersaji dengan porsi yang tidak pas, misalnya saja memberikan bunga kepada teman kencan kita sembari mengupil dan meludah di jalan.
Terlalu cari perhatian
Sikap terlalu cari perhatian malah bisa menjadi bumerang bagi kita karena lambat laun tidak hanya orang terdekat yang mengerti karakter tersebut melainkan akan tersebar ke banyak orang. Biasanya sikap ini sengaja dilakukan untuk menutupi kelemahan ataupun ingin menimbulkan ketertarikan namun dengan cara yang over, misalnya saja: sok dekat, pamer kemampuan, pamer harta ataupun membanggakan orang lain yang tidak ada kaitannya dengan kita atau teman kencan kita.

Setiap orang mempunyai keputusan dan selalu ada pilihan untuk sebuah cinta, sebenarnya ada beberapa area lagi yang bisa dipertimbangkan atau berpengaruh kepada cinta seperti halnya agama, suku atau komunitas namun agaknya terlalu sensitif untuk dimengerti. Faktanya banyak faktor yang mempengaruhi cinta namun terlepas dari itu semua berkaitan dengan faktor diri sendiri yang dimana bisa atau tidaknya tergantung bagaimana menyikapinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

High Context Dan Low Context

Secara umum, masyarakat di Indonesia sangat erat hubungannya dengan high context yang sebenarnya dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya masyarakat Jawa yang dipengaruhi oleh budaya sopan santun dalam berbicara dan berusaha menjaga sikap dalam bergaul menjadi aspek penting dalam terciptanya high context.

Istilah Njawani; Filosofi Pedoman Perilaku

Filosofi Njawani dan Falsafah Jawa  - Diartikan sebagai orang Jawa yang hidup dengan nilai-nilai dan ajaran-ajaran leluhurnya. Banyak sekali orang yang berasal dari suku Jawa masih memakai tuntunan tersebut untuk bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain yang sesama suku ataupun berbeda budaya. Pedoman hidup untuk berperilaku, berpikir serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan masyarakat Jawa pada umumnya diarahkan untuk tidak melukai sesama bahkan mengajak mereka untuk selaras.

Komunikasi Konvergen ala WILBUR SCHRAMM

Dia membuat serangkaian model komunikasi dimulai dari model komunikasi manusia yang sederhana sampai model yang rumit yang memperhitungkan pengalaman dua individu yang mencoba berkomunikasi hingga ke model komunikasi yang dianggap interaksi dua individu.