About Me


Bahaya Minum Teh Panas

Tidak selamanya minum teh itu menyehatkan, buktinya jika diminum dalam keadaan yang tidak wajar malah akan memperburuk kesehatan. Biasanya teh akan diminum dalam keadaan dingin ataupun hangat. Baru-baru ini penelitian membuktikan bahwa meminum teh dalam keadaan masih panas dapat menyebabkan kanker tenggorokan.
Hasil riset ini dikemukakan oleh peneliti Iran dimana meminum teh dalam suhu lebih dari 70 derajat celcius malah akan meningkatkan resiko kanker tenggorokan. Penelitian ini juga memaparkan bahwa resiko terkena kanker tenggorokan 8x lebih besar daripada meminumnya dengan keadaan hangat dengan suhu dibawah 65 derajat celcius.
Menurut yang diberitakan, tim riset yang beranggotakan Reza Malekzadeh dari Tehran University mengkaji sebanyak 300 orang 29 orang yang mengidap kanker tenggorokan dan sisanya dalam keadaan sehat. Kebetulan beberapa orang yang diteliti tersebut berasal dari daerah yang sama yaitu wilayah provinsi Golestan, di Iran Utara. Sebagai info bahwa daerah ini dikenal sebagai daerah dengan pengidap kanker tenggorokan tertinggi di dunia dimana kebiasaan merokok dan minum alkohol di daerah tersebut dinilai sangat rendah.
Salah satu variabel yang diikutkan adalah dimana hampir semua penduduknya meminum teh hitam secara rutin, sebanyak satu liter setiap harinya dan hasil penelitiannya cukup mencengangkan. Dikutip dari reuters, Beberapa dari mereka yang meminum teh kurang dari dua menit setelah dituangkan, beresiko memicu berkembangnya kanker lebih cepat jika dibandingkan dengan mereka yang menunggu empat menit atau lebih.

Komentar