About Me


Daripada Bengong Mending Melatih Otak Kanan

Saat waktu senggang dan tidak ada aktivitas mungkin kita bisa melakukan kegiatan ringan yang tidak harus menyita banyak waktu dan tempat. Salah satu kegiatan tersebut adalah dengan melatih otak kanan, menurut beberapa penelitian keseimbangan otak sangat mempengaruhi tingkat stabilitas yang berhubungan dengan stress dan kemampuan berpikir. Adapun beberapa permainan simpel guna melatih otak kanan kita:
  • Tulislah angka delapan pada sebuah kertas dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secara bersamaan. Kegiatan ini dapat diulang-ulang dengan durasi semakin sering adalah semakin baik.
  • Mengacungkan jempol tangan kiri dan tangan kanan secara bersamaan kemudian lakukan gerakan ke arah kanan dengan posisi tersebut. Selanjutnya lakukanlah sebaliknya dengan mengacungkan jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri lalu gerakkan ke arah kiri. Kegiatan yang simpel ini mampu menjaga keseimbangan saraf motorik.
  • Melakukan kegiatan semcam senam lantai namun jauh lebih simpel yaitu dengan bertumpu di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan secara bersamaan sementara kaki kanan berada dalam posisi lurus ke belakang dan tangan kiri lurus ke depan. Kegiatan ini sangat simpel dan berguna untuk menstimulasi saraf dan otak kanan.
  • Kegiatan lainnya adalah dengan membaca terbalik, langkah-langkahnya adalah dengan membalikkan sebuah tulisan dari atas ke bawah kemudian bacalah dari kanan ke kiri. Ini mampu melatih otak kanan sekaligus melatih kejelian dalam melihat suatu objek.
  • Selain itu kegiatan umum lainnya dapat dilakukan dengan mengganti kebiasaan tangan kanan ke tangan kiri secara berkala. Misalnya saja kegiatan membuka pintu, gosok gigi, menulis nama, tanda tangan, memencet bel, mengetok palu dll.
ilustrasi
Beberapa tips tersebut memang lebih diperuntukkan kepada orang yang tidak kidal dan bergantung kepada kebiasaan tangan kanan dalam melakukan aktivitas. Namun bagi mereka kau kidal tidak perlu khawatir, cukup dilakukan sebaliknya atau berlawanan. Kegiatan melatih otak kanan juga sebenarnya harus dilakukan untuk menyeimbangkan kinerja otak dan saraf motorik karena jika ini dibiarkan maka beban hanya akan bergantung kepada satu sisi otak saja.
Walaupun banyak orang menganggap kegiatan ini adalah “kurang kerjaan” namun manfaatnya lebih menguntungkan daripada anggapan itu sendiri. Terlalu banyak orang yang malas menggunakan seluruh kemampuan mereka, padahal sisi kanan dan sisi kiri di dalam tubuh manusia itu diciptakan untuk mendukung segala aktivitas manusia tersebut. Dengan kata lain keseimbangan otak juga akan membuat lebih aktif dan terkesan awet muda.